BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Definisi - definisi Grafik
Komputer Pertama : Proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek
maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Kedua : Teknik
untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata
(realism). Kemajuan teknologi pada saat ini memungkinkan manusia untuk tidak menggambar
menggunakan media kertas. Dengan adanya kebutuhan manusia yang semakin
meningkat dan keinginan untuk mendapatkan sebuah hasil yang lebih bagus dan
cepat, maka dibuat berbagai program aplikasi untuk dapat memungkinkan manusia
menggambar melalui media komputer. Namun, tidak hanya program aplikasi yang
dikhususkan untuk menggambar grafik saja yang dapat menggambar grafik. Akan
tetapi bahasa pemrogramanpun dapat melakukan proses menggambar grafik, salah
satunya yaitu Turbo pascal, C dan yang lainnya.
1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah tentang
menggambar grafik menggunakan program aplikasi grafik dan bahasa pemrograman,
diantaranya sebagai berikut:
1. Konsep dasar menggambar
Trasnformasi 2D grafik didalam komputer
2. Fasilitas yang digunakan untuk
menggambar grafik
3. Perbandingan antara program
aplikasi grafik dengan bahasa pemrograman
1.3 Tujuan
1. Mendeskripsikan pengertian, kegunaan,dan
ruang lingkup Transformasi didalam grafik komputer .
2. Mengkaji beberapa pembuatan
grafik menggunakan bahasa pemrograman menggunakan bahasa aplikasi dan bahasa
pemrograman.
3. Menganalisis program dengan
membuat Algoritma program dan mentranslasikannya kedalam bahasa pemrogrman dan
bahasa aplikasi.
4. Mengevaluasi makalah ini yang
terangkum dalam ringkasan kesimpulan.
1.4 Batasan Masalah Makalah ini
hanya akan membahas antara lain tentang :
1. Konsep dasar menggambar
Transformasi 2D grafik didalam komputer dan mentransaliskannya.
2. Fasilitas yang digunakan untuk
menggambar grafik didalam bahasa pemrograman ialah Turbo Pascal dan Corel draw.
1.5 Sistematika Penulisan
Agar makalah dipahami dengan baik
oleh pembaca, maka penyusun membuat sistematika penulisan makalah sebagai
berikut :
BAB I
PENDAHULUAN
Pendahuluan berisikan latar
belakang, identifikasi masalah, pembatasan masalah, Tujuan dibuatnya makalah
dan sistematika penulisan makalah.
BAB II LANDASAN TEORI
Landasan teori berisikan
teori-teori yang digunakan didalam makalah.
BAB III FLOW CHART SYSTEM
Menganalisis program dengan
menggunakan flow chart system pada penggunaan program
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan dan saran merupakan
bab terakhir yang berisikan tentang kesimpulan dari pembahasan serta pengajuan
usulan atau saran-saran.
Download Makalah Grafik Komputer